Hai fellas, Jakarta adalah kota metropolitan yang dipenuhi dengan berbagai macam industri dan hiburan yang bernuansa maju dan moderen. Banyak dari orang-oraang yang berkunjung ke Jakarta untuk melihat fasilitas dan Pembangunan yang maju seperti MRT, LRT dan masih banyak lagi transportasi umum. Di Jakarta juga kita bisa melihat banyak sekali situs-situs budaya yang sangat esensial bagi negara kita tercinta republik Indonesia. di Jakarta juga ada banyak taman-taman hiburan dan kuliner yang memanjakan mata dan perut kita seperti Dufan, Taman mini. Jika kuliner ada seperti ketoprak, roti buaya dan masih banyak lagi yang wajib dilakukan ketika di Jakarta.

Disini mimin mau memberikan rekomendasi hal-hal yang wajib dilakukan ketika kalian menginjakkan kaki di Jakarta. Berikut ini list rekomendasinya:

Wisata sejarah dan budaya

Museum nasional Indonesia
Museum yang biasa dijuluki akrab dengan nama Museum Gajah ini sudah dibuka secara umum pada tahun 1868 dan masih dijaga hingga sekarang. Beralamat di Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Museum ini memiliki banyak sekali koleksi. Tercatat sekitar 140 ribu koleksi bersejarah, untuk melihat koleksi bersejarah di museum ini merogok kocek mulai dari Rp. 15.000 per orangnya. Untuk  hari dan jam bukanya Selasa-Minggu, pukul 08.00-16.00 WIB.

Monumen Nasional (Monas)
Ke Jakarta kalau tidak berkunjung ke Monas merupakan hal yang tidak afdol. Monas adalah ikon kota Jakarta yang sangat istimewa. Dari sini kalian bisa melihat pemandangan kota Jakarta yang begitu padat dan maju. Ber-alamat di Jl. Medan Merdeka Utara No.2, RT.5/RW2, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Selain bisa berfoto dan memandang ibukota Jakarta kamu juga bisa untuk belajar sejarah  Indonesia lewat diorama. Yang uniknya kamu bisa mendengar suara rekaman proklamasi presiden pertama kita yaitu Ir. Soekarno. Untuk masuk ke monas kamu membutuhkan dana sebesar Rp. 5.000 per orangnya ya jadi bisa disiapkan.

Chinatown Glodok
Chinatown Glodok yang sarat akan indahnya ragam budaya dan toleransi penuh dengan kebudayaan. Untuk bisa berkeliling, kamu bisa memesan jasa tur untuk berkeliling disini agar tidak bingung ketika berkunjung ke Chinatown Glodok. Banyak juga spot-spot foto keren dan bangunan bersejarah yang khas. Kamu juga bisa berkunjung ke Vihara Dharma Bhakti, menikmati the di Pantjoran Tea House, Petak Enam, hinggas mengunjungi Gereja Santa Maria De Fatima yang memiliki bangunan khas Tionghoa. Beralamat di  Jl. Pancoran, RT.2/RW.1, Glodok, Kecamatan Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daeah Khusus Ibukota Jakarta.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)
Wisata budaya ini sangat berciri khas di kota Jakarta dan sangat terkenal diluar warga Jakarta. Di taman mini Indonesia memiliki Kawasan seluas 150an hektar dan memiliki beragam spotnya. Disini kamu bisa melihat kebudayan dari masing suku-suku di Indonesia yaitu ada 33 bangunan rumah adat, pakaian adat, rumah ibadah, hingga museum unik. Dan jangan lupa mampi ke teater IMAX Keong Mas dan menonton film sejarah Indonesia. Kamu juga bisa naik kereta gantung untuk melihat pemandangan replika kepulauan Indonesia di dana uluas ya. Untuk harga tiket masuk di Taman Mini Indonesia Indah mulai dari Rp. 25.00 per orang. Jam dan hari buka setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB. Beralamat di TMII, Jl. Raya, Ceger, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Kota Tua Jakarta
Siapa sih yang gatau situs bersejarah ini? Jika kita mencari wisata bersejarah dan berbudaya di Jakarta tempat ini adalah tempat yang tidak boleh dilewatkan. Beralamat di Kawasan Kota Tua, Taman Fatahillah No. 1, RT.7/RW.7, Pinangsia, Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Disini kmu juga bisa berkunjung ke Museum Fatahillah hingga Pelabuhan Sunda Kelapa. Selain itu, kamu juga bisa berwisata kuliner karena banyak café dan tempat makan yang tersedia.

Kuliner DKI Jakarta

Onde-Onde
Onde-Onde adalah sejenis kue jajanan pasar yang khas di Indonesia dan wajib kita coba ketika mengunjungi Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Bola Wijen ini terbuat dari tepung terigu ataupun tepung ketan yang digoreng atau bisa juga direbus lalu dibaluri oleh biji wijen. Onde-Onde juga memiliki beberapa macam isian. Seperti, Bubuk Kacang Ijo, Kacang Tanah, Cokelat, dan masih banyak lagi. Jika kalian ingin mengetahui lebih banyak dan penasaran dimana mencari tempat yang tepat untuk membeli Onde-Onde di Jakarta mimin merokemendasikan kuehany.com karena kualitas  terbaik dan harga yang  murah tetapi tidak murahan.

Nasi Ayam Penyet
Ayam Penyet adalah hidangan ayam suku jawa berasal dari Jawa Timur, yang terdiri daripada ayam yang digoreng disajikan dengan sambal, potong-potongan sayur-sayuran, tahu  goreng dan tempe. Kalian bisa mencoba nasi ayam penyet ketika di Jakarta. Mimin punya rekomendasi untuk membeli Nasi Ayam Penyet ketika kalian di Jakarta yaitu di kuehany.com.

Nasi Kuning
Nasi Kuning adalah makanan khas Indonesia. Makanan ini terbuat dari beras yang dimasak bersama dengan kunyit serta santan dan rempah-rempah yang begitu legit. Nasi Kuning mempunyai rasa yang gurih dan lezatt. Kalian juga bisa membelinya di kuehany.com

Kepulauan Seribu

Pulau Onrust
Pulau ini umumnya dikunjungi dalam one-day trip bersama dengan Pulau Cipir dan Pulau Kelor. Pulau Onrust awalnya merupakan asrama haji yang dibangun oleh pemerintah era Hindia Belanda untuk jamaah hajdi Indonesia. Pulau ini dinamai mulai ‘Onrust’ karena pada zaman penjajahan Belanda Pulau Onrust ini menjadi pusat pergudangan dan tempat hilir mudik kapal Angkatan laut Belanda. Sejak tahun 1972 Pulau Onrust diresimkan menjadi cagar budaya oleh Gubernur DKI Jakarta. Ali Sadikin, dan hingga kini menjadi destinasi favorit di Kepulauan Seribu.

Pulau Pari
Pulau Pari yang sangat dikenal dengan wisata Pantai Pasir Perawan serta terumbu karangnya benar-benar mempesona dan memanjakan mata. Selain Pantai Pasir Perawan, di sini kitab isa menikmati pemandangan sunsut dan sunrise sembari membawa bekal yang lezat dari kuehany.com di pulau ini kita juga bisa melakukan banyak aktifitas diantaranya Watersport, Menanam Bakau, Bersepeda Keliling Pulau, Snorkeling, Diving, serta berkunjung ke Lembaga penelitian biota laut milik LIPI.

Pulau Macan
Pulau Macan Memiliki konsep yang berbeda konsep dengan pulau-pulau lain di kepulauan seribu. Dengan mengusung konsep eco-resortt, pulau ini memiliki banyak resort yang benar-benar ramah lingkungan dan juga memiliki fasilitas yang lengkap dan memanjakan jiwa dan raga. Hal yang unik dari Pulau Macan adalah terdapat ‘Pulau Macan Kecil’ yang terlihat saat air laut surut. Pada saat itu, kita dapat berjalan menuju ke ‘Pulau Macan Kecil’ hanya dengan berjalan kaki menyeberangi laut.

Berikut adalah rekomendasi dari mimin untuk hal apa aja yang bisa kalian laku kan di Jakarta yang sangat besar dan maju. Dan untuk kalian yang ingin mengunjungi tempat-tempat yang mimin rekomendasi bisa banget untuk mengunjungi dan menjunjung kebudayaan bangsa Indonesia yang tercinta ini.

× Pesan Yukk