Donat, adonan berbentuk cincin yang lezat dan gurih, adalah salah satu camilan yang sangat disukai di seluruh dunia. Meskipun terlihat seperti makanan ringan yang sederhana, donat memiliki sejarah yang panjang dan menarik yang melibatkan perubahan budaya dan inovasi kuliner dari berbagai belahan dunia.

Dok Pribadi. Donat by KueHany

Bagaimana Donat Bisa Tercipta?

Sejarah donat dapat ditelusuri kembali hingga zaman kuno. Ahli sejarah makanan percaya bahwa donat pertama kali muncul di Timur Tengah pada abad ketujuh. Awalnya, donat dibuat dengan mencampurkan tepung, ragi, gula, dan air, lalu menggorengnya dalam minyak. Ini adalah versi awal donat yang jauh berbeda dari donat yang kita kenal sekarang.

Donat pertama kali dikenal dengan nama “youtiao” di Tiongkok. Youtiao adalah camilan yang sangat mirip dengan donat, yang dibuat dengan menggoreng adonan tepung dan berbentuk panjang. Ini adalah salah satu contoh awal dari makanan goreng berbentuk cincin yang akhirnya berkembang menjadi donat. Donat mulai menyebar ke Eropa pada abad ke-16 melalui eksplorasi dan perdagangan internasional. Orang Belanda dikenal sebagai salah satu pionir dalam pembuatan donat. Mereka menyebutnya “oliebollen,” yang secara harfiah berarti “bola minyak.” Donat versi ini sering dibuat sebagai camilan khusus untuk perayaan Hari Natal. Pada abad ke-19, donat mulai menjadi populer di Amerika Serikat, terutama di kalangan imigran Belanda. Donat yang mereka bawa ke Amerika Serikat masih berbentuk bola dan biasanya disajikan dengan gula bubuk atau saus. Namun, bentuk donat yang lebih mirip dengan yang kita kenal sekarang mulai muncul pada awal abad ke-20.

Perkembangan paling signifikan dalam sejarah donat modern datang pada tahun 1920-an ketika Adolph Levitt, seorang imigran Rusia-Yahudi di Amerika Serikat, menciptakan mesin donat otomatis pertama. Mesin ini memungkinkan donat diproduksi secara masal dengan cepat dan efisien. Inovasi ini memicu popularitas donat yang pesat di Amerika Serikat. Selama tahun-tahun berikutnya, berbagai variasi donat mulai muncul. Ada donat berisi selai, donat berlapis cokelat, dan berbagai topping lainnya. Donat bukan hanya camilan sederhana lagi; itu menjadi karya seni kuliner yang sangat kreatif.

Sementara donat menjadi sangat populer di Amerika Serikat, tren donat juga menyebar ke seluruh dunia. Setiap negara memiliki versi donatnya sendiri dengan rasa dan tekstur yang unik. Di Prancis, donat dikenal sebagai “beignet” dan sering disajikan dengan gula halus. Di Jerman, donat dikenal sebagai “Berliner” dan biasanya diisi dengan selai buah. Di Jepang, donat yang terkenal adalah “mochi donut,” yang dibuat dengan adonan beras ketan.

Donat juga telah menjadi bagian integral dari budaya populer. Mereka sering muncul di film, acara TV, dan iklan. Salah satu contoh paling ikonik adalah Homer Simpson dari serial animasi “The Simpsons,” yang terkenal karena kecintaannya pada donat berlapis cokelat. Selain itu, National Donut Day (Hari Donat Nasional) dirayakan setiap tahun pada hari Jumat pertama bulan Juni di Amerika Serikat. Ini adalah kesempatan untuk merayakan kelezatan donat dan sering kali berarti toko-toko donat memberikan donat gratis kepada pelanggan mereka.

Donat terus mengalami evolusi dalam dunia modern. Dengan adanya tren makanan sehat, ada banyak variasi donat yang lebih sehat, yang dibuat dengan bahan-bahan organik, tanpa gluten, atau rendah gula. Donat juga menjadi medium bagi para koki untuk mengekspresikan kreativitas mereka dengan menciptakan rasa dan desain yang unik. Dalam beberapa tahun terakhir, donat berisi selai yang sangat populer telah menjadi tren kuliner yang besar. Selain itu, beberapa restoran bahkan menawarkan donat sebagai bagian dari hidangan utama, seperti donat ayam, di mana donat digunakan sebagai roti untuk hidangan ayam goreng.

Dok Pribadi. Donat by KueHany

Donat adalah camilan yang tidak perlu perkenalan lebih lanjut. Cincin lezat berbentuk bundar ini telah menjadi favorit di seluruh dunia, dan tidak hanya itu, mereka juga sangat serbaguna. Tidak peduli apakah Anda sedang merayakan ulang tahun, rapat bisnis, atau hanya ingin menikmati waktu santai di sore hari, donat selalu menjadi pilihan yang sempurna.  Donat sering disajikan pada beberapa moment sebagai berikut :

Donat untuk Sarapan

Pagi yang cerah dimulai dengan secangkir kopi atau teh yang harum dan donat yang segar. Donat biasanya memiliki tekstur yang lembut di dalam dan kulit yang garing di luar, yang membuat mereka pasangan yang sempurna untuk minuman panas favorit Anda. Makan donat saat sarapan adalah cara yang menyenangkan untuk memulai hari Anda dengan manis. Anda dapat memilih donat biasa dengan gula halus yang sederhana atau mencoba yang berlapis cokelat untuk rasa yang lebih kuat. Dalam banyak keluarga, donat juga menjadi teman yang tak tergantikan untuk acara sarapan bersama anak-anak di akhir pekan.

Donat di Pesta Ulang Tahun

Ulang tahun adalah kesempatan yang meriah, dan tidak ada yang lebih meriah daripada meja pesta yang penuh dengan donat berwarna-warni. Donat dapat disesuaikan dengan tema pesta, dengan hiasan yang sesuai dengan usia atau minat yang sedang dirayakan. Selain itu, donat sangat cocok untuk dibagikan kepada para tamu sebagai kenang-kenangan. Anda bahkan bisa membuat donat ulang tahun pribadi dengan inisial atau pesan spesial pada setiap donat. Kelezatan donat yang manis dan warna-warni pasti akan menggugah selera dan semangat pada setiap pesta ulang tahun.

Donat untuk Rapat Bisnis

Donat tidak hanya untuk acara santai atau pesta. Mereka juga cocok untuk rapat bisnis atau pertemuan kerja. Ketika Anda ingin memberikan semangat ekstra kepada tim Anda, donat adalah pilihan yang tepat. Mereka memberikan energi yang dibutuhkan untuk menjalani diskusi panjang dan serius, sambil memberikan sentuhan manis yang dihargai oleh semua orang. Sajikan donat selama istirahat atau sebagai camilan tengah hari, dan mereka akan menjadi sorotan dalam agenda pertemuan.

Donat di Pernikahan

Pernikahan adalah salah satu momen terpenting dalam hidup seseorang, dan detailnya harus sempurna. Salah satu tren yang semakin populer dalam pernikahan adalah menggantikan kue pengantin dengan tumpukan donat yang indah. Donat dapat disusun menjadi piramida yang menawan dan dihiasi dengan bunga, glazur, atau hiasan lainnya yang sesuai dengan tema pernikahan. Ini adalah cara yang unik dan lezat untuk merayakan hari istimewa Anda, dan tamu Anda pasti akan senang dengan pilihan camilan yang tidak biasa ini.

Donat untuk Acara Santai

Terkadang, Anda hanya ingin bersantai dengan teman-teman atau keluarga tanpa alasan khusus. Donat adalah camilan yang sempurna untuk acara-acara seperti ini. Mereka bisa dinikmati sambil menonton film, bermain game, atau sekadar berbincang-bincang santai. Anda dapat memesan berbagai macam donat sesuai dengan selera dan preferensi masing-masing orang di acara santai ini, sehingga semua orang bisa menemukan donat favorit mereka.

Dalam berbagai acara, donat selalu menjadi pilihan yang menarik dan lezat. Kelezatan mereka yang manis dan tekstur yang sempurna membuat mereka menjadi camilan yang sempurna untuk berbagai kesempatan, mulai dari sarapan hingga pesta ulang tahun, pernikahan, rapat bisnis, dan acara santai. Dengan berbagai variasi rasa dan hiasan yang tak terbatas, donat adalah camilan serba bisa yang akan selalu memikat selera dan hati semua orang. Jadi, tidak peduli acara apa yang Anda hadiri atau Anda buat sendiri, selalu pertimbangkan donat sebagai opsi camilan yang lezat dan serbaguna.

Kini, Donat dalam bentuk siap makan maupun frozen dengan cita rasa lezat dan khas bisa kamu peroleh lebih mudah. Jangan lewatkan kesempatan ini, dapatkan sekarang juga! KueHany menyediakan berbagai pilihan kue yang lezat dan bisa Anda beli melalui Gofood Jakarta, Grabfood Jakarta, dan Shopee Food Jakarta (cari “Kuehany” tanpa spasi). Selain itu, Anda juga bisa memesan secara online melalui Website (https://kuehany.com/blog), Email, Shopee, Tokopedia, Instagram, atau Whatsapp ke 0811 9877 099. Segera dapatkan kue favorit Anda hanya di KueHany!

× Pesan Yukk